“Gempa Stail 5,2 Merajai Malang: Tari Subduksi Lempeng Indo-Australia”

Tarian alam kembali menggetarkan tanah di Malang, Jawa Timur, saat sebuah gempa dengan magnitudo (M) 5,2 mengguncang kawasan tersebut. Daryono, sang maestro dari Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mengungkapkan bahwa panggung gempa tektonik ini terletak di Samudra Hindia, sebelah selatan kota Malang. “Melalui analisis BMKG, kita mendapatkan bahwa gempa ini memiliki karakteristik terkini dengan magnitudo M 5,2,” tuturnya.

Daryono memberikan rincian bahwa pusat keguncangan berada di koordinat 10,05 derajat LS dan 112,47 derajat BT. Lebih spesifik, panggung alam ini berlokasi di laut, 212 kilometer di barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur, dengan kedalaman 47 kilometer.

Gempa hari ini hadir dengan jenis dan mekanisme yang khas. Dengan mempertimbangkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini tergolong sebagai gempa dangkal. Daryono menerangkan bahwa penyebab gempa ini adalah aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia. “Melalui analisis mekanisme sumber, kita melihat bahwa gempa ini bergerak dengan perpaduan gerakan naik atau thrust,” ucapnya.

Indonesia, sebagai panggung alam yang megah, memang rawan terhadap drama gempa bumi. Lempeng Indo-Australia bergerak menuju utara, sementara Eurasia bergerak dengan kecepatan 6 sampai 7 sentimeter per tahun ke utara. Di sisi lain, lempeng Pasifik memilih untuk bergerak ke barat dan barat laut, dengan kecepatan 7 sampai 11 sentimeter per tahun.

 

Baca sinopsis film menarik hanya di sini !
Baca berita tim favorit manchester united di sini !
Baca berita Sepak Bola hanya di sini !
Baca berita Musik Internasional hanya di sini !
Baca berita seputar olahraga hanya di sini ! 
Baca berita seputar info bisnis di sini !
Baca berita Indonesia Terkini di sini !
Baca tips dan trik bermain game di sini !
Baca berita viral negara +62 di sini !
Baca berita hangat Australia di sini !
Baca berita program terbaru di sini !
Baca berita seputar produk bagus di sini !
Baca seputar Game Menarik di sini !
Bergabung untuk menemukan info terbaru di sini !

Categories: Around Asia

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *