“Dokumenter Persembahan Australia: Perjalanan Masa Lalu Jawaharlal Nehru ke Indonesia Tahun 1950”

Kabar baiknya, film dokumenter yang menyimpan momen kunjungan perdana menteri pertama India, Jawaharlal Nehru, ke Indonesia pada tahun 1950 akhirnya dikembalikan ke Indonesia oleh pemerintah Australia. Film ini direkam oleh juru kamera Belanda dan disimpan di National Film and Sound Archives (NFSA) Australia.

Penemuan film ini dilakukan oleh seorang akademisi Australia, David Hanan, dari University of Melbourne. Hanan melaporkan penemuan tersebut kepada Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia. Setelah melalui proses digitalisasi, film dokumenter tersebut diserahkan kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada 5 Desember 2023 di Kantor ANRI, Jakarta.

Film hitam putih tersebut merekam kunjungan perdana menteri Nehru ke berbagai kota di Indonesia, termasuk Jakarta dan Bandung, serta pertemuannya dengan Presiden Sukarno dan Wakil Presiden Muhammad Hatta.

Duta Besar Australia, Penny Williams, menyatakan kegembiraannya karena film ini dapat kembali ke Indonesia. Film ini menjadi bagian penting dalam sejarah hubungan antara Indonesia dan India, mengingat India adalah salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Selain itu, Australia juga termasuk negara yang cepat mengakui kemerdekaan Indonesia. Kepala ANRI, Imam Guntoro, mengucapkan terima kasih atas penyerahan film ini, menganggapnya sebagai pelengkapan berharga dalam dokumentasi sejarah kedua negara tersebut.

 

Baca sinopsis film menarik hanya di sini !
Baca berita tim favorit manchester united di sini !
Baca berita Sepak Bola hanya di sini !
Baca berita Musik Internasional hanya di sini !
Baca berita seputar olahraga hanya di sini ! 
Baca berita seputar info bisnis di sini !
Baca berita Indonesia Terkini di sini !
Baca tips dan trik bermain game di sini !
Baca berita viral negara +62 di sini !
Baca berita hangat Australia di sini !
Baca berita program terbaru di sini !
Baca berita seputar produk bagus di sini !
Baca seputar Game Menarik di sini !
Bergabung untuk menemukan info terbaru di sini !


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *