Australia dan Hewan Berbisa: Jejak Evolusi yang Membingungkan

Australia, benua yang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya, juga menjadi rumah bagi beragam hewan berbisa. Dari laba-laba dan ular hingga ubur-ubur dan platipus, keberadaan hewan-hewan berbisa ini memancing pertanyaan, mengapa mereka “berkumpul” di Australia?

Sebuah penelitian oleh Kevin Arbuckle, seorang ahli biologi evolusi dari Swansea University, menyelidiki fenomena ini. Menurut Arbuckle, Australia menjadi benua terpisah sekitar 100 juta tahun lalu, terlepas dari benua Gondwana. Namun, beberapa jenis hewan berbisa ternyata sudah ada di sana sebelumnya.

Peneliti menyimpulkan bahwa sebagian hewan berbisa tidak sengaja terbawa ke Australia ketika itu masih menjadi bagian dari daratan yang lebih besar.

Menurut Guinness World Records, laba-laba jaring corong Sydney jantan diketahui pernah menyebabkan kematian 13 orang di Australia sejak 1936. Namun, berkat pengembangan antivenom pada tahun 1981, insiden semacam itu telah berkurang.

Ternyata, tidak hanya darat, keajaiban evolusi hewan berbisa juga dapat ditemui di laut di sekitar Australia, dengan cumi-cumi, gurita, dan sotong yang telah ada sejak 300 tahun yang lalu.

Jadi, keberadaan hewan berbisa di Australia bisa dianggap sebagai jejak evolusi yang membingungkan, di mana beberapa spesies telah menjadi bagian dari benua ini sebelum ia menjadi benua terpisah.

 

Baca sinopsis film menarik hanya di sini !
Baca berita tim favorit manchester united di sini !
Baca berita Sepak Bola hanya di sini !
Baca berita Musik Internasional hanya di sini !
Baca berita seputar olahraga hanya di sini ! 
Baca berita seputar info bisnis di sini !
Baca berita Indonesia Terkini di sini !
Baca tips dan trik bermain game di sini !
Baca berita viral negara +62 di sini !
Baca berita hangat Australia di sini !
Baca berita program terbaru di sini !
Baca berita seputar produk bagus di sini !
Baca seputar Game Menarik di sini !
Bergabung untuk menemukan info terbaru di sini !

Categories: Education

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *