Australia Buat Aturan Baru – Cuy, ada berita dari Australia nih. Mereka lagi bikin aturan baru buat bantuan luar negeri yang ngasih perhatian pada iklim dan kesetaraan gender. Nih, semuanya demi ngimbangi ambisi China di Indo-Pasifik!

Jadi, menurut aturan baru ini, proyek pembangunan internasional yang nilainya lebih dari $3 juta harus punya komitmen sama kesetaraan gender. Terus, mulai tengah 2025, setengah dari investasi baru di atas $3 juta juga harus punya fokus perubahan iklim, bro!

Ini jadi perubahan besar pertama dalam program bantuan luar negeri Australia dalam lebih dari satu dekade, nih. Mereka bilang Indo-Pasifik lagi dalam “keadaan strategis yang mengkhawatirkan.” Tapi sayangnya, gak ada janji buat tambahan dana baru buat ini.

Cuy, anggaran bantuan luar negeri Australia tahun ini aja udah $4,7 miliar, dan bakal naik di tahun-tahun berikutnya. Tapi ya, ini strategi baru gak disertai komitmen dana baru.

Australia Buat Aturan Baru soal Bantuan ke Luar Negeri

Satu lagi, hingga pertengahan tahun, 20% utang Pasifik itu ternyata ke China, loh!

Nah, poin yang penting, kebijakan baru ini bikin jelas kalo Indo-Pasifik tetap jadi fokus pembangunan Australia. Mereka bilang, ini wilayah yang paling mereka kenal, di mana mereka bisa berbuat banyak dan dampaknya paling langsung ke mereka.

Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong bilang, “Australia menggunakan semua elemen kekuatan nasional untuk memajukan kepentingan kami dan membentuk dunia menjadi lebih baik.”

Gak cuma itu, mereka juga punya target buat melibatkan kontraktor lokal dalam proyek-proyek ini buat ngurangin investasi ke daerah berkembang. Ide di balik ini adalah supaya proyek-proyek ini beda dari yang didanai China, yang seringnya punya tenaga kerja dari luar.

Menteri Pembangunan Internasional dan Pasifik di Australia, Pat Conroy, bilang, “Kami akan berinvestasi dalam solusi lokal yang memberikan dividen ganda, menciptakan lapangan kerja lokal dan memberikan manfaat ekonomi langsung di lapangan, sekaligus meningkatkan dampak pembangunan dari investasi Australia.”

Intinya, mereka gak mau jadi “bantuan transaksional” kayak yang dilakuin China. Mereka pengen bantu sesuai kebutuhan negara mitra mereka dan bener-bener ngerasa berdampak positif di wilayah Indo-Pasifik.

Jadi, gimana menurut lo, cuy? Kebijakan baru Australia ini cukup berani, ya!

Baca sinopsis film menarik hanya di sini !
Baca berita tim favorit manchester united di sini !
Baca berita Sepak Bola hanya di sini !
Baca berita Musik Internasional hanya di sini !
Baca berita seputar olahraga hanya di sini ! 
Baca berita seputar info bisnis di sini !
Baca berita Indonesia Terkini di sini !
Baca tips dan trik bermain game di sini !
Baca berita viral negara +62 di sini !
Baca berita hangat Australia di sini !

Categories: Around Asia

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *